Jumat, 23 April 2021

Gabut di Rumah? Yuk Coba 11 Ide Bisnis Rumahan Ini, Ada yang Tanpa Modal

Angkasanews.id-
Senin, 27 Juli 2020 | 01:52WIB
4 menit baca
 Youtube berencana menyematkan fitur untuk bersaing dengan Tiktok. (Istimewa)
Youtube berencana menyematkan fitur untuk bersaing dengan Tiktok. (Istimewa)
16859678893602362891

Solopos.com, SOLO — Pandemi yang belum juga berakhir memaksa sejumlah masyarakat berinovasi mencari penghasilan dengan membuat bisnis rumahan.

Apalagi di Solo, muncul klaster baru penularan virus corona yang membuat kita harus sangat selektif memilih aktivitas di luar rumah.

Walau di dalam rumah, jangan risau, sebab banyak peluang usaha bisnis rumahan yang bisa dicoba. Beberapa bisnis ini bahkan bisa dimulai tanpa modal besar lho. Yuk simak ide bisnis rumahan seperti dirangkum dari laman Detik.com.

Translator

Jika Anda menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, Anda bisa menjajal kesempatan menjadi translator atau penerjemah. Cukup dengan memanfaatkan Internet, Anda tak perlu susah payah keluar rumah. Tugas terjemahan tersebut biasanya bisa dikirim melalui email pelanggan. Ini juga termasuk bisnis yang nyaris tanpa modal.

Desain Grafis

Membuka jasa desain grafis juga bisa jadi peluang bisnis rumahan yang menguntungkan lho. Dengan mengembangkan kreativitas dan keterampilan mendesain, Anda bisa memperoleh pendapatan dari kegiatan ini.

Selain itu, kemudahan media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk melayani pesanan desain. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah dan bertemu dengan calon klien.

Dropshiper

Dropshiper sedang tren dan ini adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Anda hanya perlu menjadi perantara antara penjual dengan pembeli. Modalnya hanya kuota Internet saja. Anda cukup mencari pelanggan untuk membeli produk-produk yang ditawarkan. Keuntungan yang didapat berasal dari kesepakatan selisih harga. Nyaris tanpa modal kan?

Jual Pulsa dan Paket Internet

Menjual pulsa dan paket Internet juga bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Apalagi, penjualan kini dapat dilakukan secara online. Anda hanya perlu menunggu pelanggan memesan pulsa atau paket Internet ke provider sesuai dengan keinginan pelanggan.

Jual Jajanan Kiloan

Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba ide bisnis rumahan satu ini. Menjual jajanan atau snack kiloan saat ini sangat digemari lantaran penjualannya yang tak pernah mengalami penurunan. Anda cukup mencari produsen yang menjual snack kiloan dengan harga terjangkau. Lalu Anda bisa menjualnya kembali dengan pertimbangan harga yang lebih menguntungkan.

Rental PS

Jika Anda memiliki play station di rumah, merentalnya juga bisa mendatangkan penghasilan lho. Namun, di situasi pandemi saat ini, perhatikan untuk selalu menjaga kebersihan dan pengaturan jarak duduk antarpelangan satu dengan lainnya.

Jual Jajanan SD

Jananan SD yang sering dijual di sekolah-sekolah dasar juga bisa jadi ide menarik. Terlebih banyak orang yang semakin merindukan jajanan-jajanan lawas itu, seperti cilor, maklor, telur gulung, hingga siomai, dan batagor.

Freelance Penulis Artikel

Jika Anda suka dengan kegiatan menulis, coba saja untuk mendaftar freelance menjadi penulis. Cukup menulis artikel sesuai tema yang diminta, Anda bisa menghasilkan rupiah dari hasil memanfaatkan hobi menulis tersebut.

Jadi Youtuber

Saat ini, menjadi youtuber adalah peluang bisnis rumahan yang sangat menggiurkan. Cukup menyiapkan konten yang menarik seperti tutorial memasak, make up, atau merawat tanaman, Anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Tentu apabila Anda konsisten dalam menyajikan konten-konten tersebut.

Jasa Laundry

Bila Anda memiliki waktu luang lebih dan memiliki peralatan yang memadai, Anda juga bisa membuka jasa usaha laundry. Cukup pisahkan pakaian pelanggan dengan benar dan selalu utamakan kebersihan.

Buka Penginapan

Peluang usaha yang menguntungkan terakhir adalah dengan membuka penginapan. Tapi, Anda juga harus selalu memerhatikan kebersihan dan kenyamanan penginapan tersebut. Lengkapi juga dengan fasilitas sesuai protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Namun, perlu diingat bahwa saat akan memulai bisnis rumahan, Anda juga perlu memerhatikan biaya yang mungkin akan dikeluarkan. Dikutip dari Bisnis.com, menurut Administrasi Bisnis Kecil Amerika Serikat (AS), sebagian besar usaha atau waralaba berbasis bisnis rumahan memerlukan modal sekitar US$2.000 hingga US$5.000, atau sekitar Rp29 juta sampai Rp79 juta.

Setiap jenis bisnis juga memiliki kebutuhan pembiayaan yang berbeda. Drew Geber, pendiri perusahaan perencanaan dan komunikasi massa Wasabi Publicity, memperkirakan bahwa seorang wirausahawan membutuhkan dana setidaknya untuk enam bulan ke depan.

“Ketika merencanakan biaya, jangan meremehkan kemungkinan besaran pengeluaran, dan ingat bahwa jumlahnya dapat naik ketika bisnis tumbuh,” kata Geber seperti dikutip dari Bisnis.com. Sudah siap membuka bisnis rumahan?

 

Sumber : https://www.solopos.com

Peristiwa

Hukum & Kriminal

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading

Tulis Komentar Anda

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini Lainnya

BPBD Klaten Gelar Pembekalan Dan Susun Skenario Mitigasi Gempa Bumi

BPBD Klaten Gelar Pembekalan & Susun Skenario Mitigasi Gempa Bumi. : Bertempat di Pendopo Pemkab, Badan…

Imam Sholat Taraweh Positif Covid,Masjid Sementara di Tutup

Imam Sholat Taraweh Positif Covid , Masjid Sementara di Tutup Seorang Imam Shalat Tarawih di Masjid…

Polres Klaten Bagikan Takjil dan Masker Gratis Kepada Masyarakat

Polres Klaten Bagikan Takjil dan Masker Gratis Kepada Masyarakat. Polres Klaten membagikan 950 takjil gratis…

Aparat Gabungan Klaten Gelar Operasi Yustisi Untuk Menekan Kasus Covid

Aparat Gabungan di Klaten Gelar Operasi Yustisia Untuk Menekan Kasus Covid. Personel gabungan dari Polres…

Polres Klaten Miliki Gedung Pelayanan Terppadu Berbasis IT

Polres Klaten Miliki Gedung Pelayanan Terpadu Berbasis IT Polres Klaten kini miliki sebuah bangunan yang…

Kapolda Jateng Mengapresiasi Gedung Layanan Terpadu Berbasis IT Polres Klaten

Kapolda Jateng Mengapresiasi  Gedung Layanan Terpadu Berbasis IT Polres Klaten Kapolda Jateng Irjen Pol Drs…

Tahun 2022 Klaten Memprioritaskan Pembangunan Ekonomi

Tahun 2022 Klaten Memprioritaskan  Pembangunan Ekonomi Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani membuka Rapat Koordinasi Dan…

Penerimaan BST Warga Terdampak Covid 19 di 3 Desa di Prambanan Klaten

Penerimaan BST Warga Terdampak Covid di 3 Desa di Prambanan Klaten Sebanyak 371 KK Warga…

BST di Desa Taji Klaten Menurun,Warga Mempertanyakan Kades

BST di Desa Taji Klaten Menurun,Warga Mempertanyakan Kades. KBRN, Klaten :Sebanyak 178  KK  Warga Desa…

Warga Taskombang Klaten Nikmati Air Bersih Program Pamsimas

Warga Taskombang Klaten  Menikmati Air Bersih Program Pamsimas. Kepala Desa Taskombang Kecamatan Manisrenggo Klaten Aris…