Sabtu, 24 Juli 2021

Pengembang Siapkan Ratusan Rumah Untuk Warga Klaten Yang Terdampak Pembangunan Proyek Jalan Tol Jogja-Solo

Angkasanews.id-
Kamis, 15 Oktober 2020 | 13:35WIB
3 menit baca
Hardii
16859678893602362891

Pengembang siapkan Ratusan Rumah untuk warga Klaten yang terdampak Pembangunan Proyek Jalan Tol Jogja-Solo.

Unit perumahan untuk korban rekolasi tol, dimana proyek tol yang di rencanakan  akan di mulai 2021 dan korban korban tersebut harus sudah memiliki rumah pengganti.  Jadi rumah-rumah yang kami siapkan disini tidak kami naikan harganya, bahkan kami menyesuaikan ganti rugi atau ganti untung pemilik-pemilik tanah yang terkena tol. Jadi kami sesuaikan sehingga mereka yang kehilangan rumah tetap bisa memiliki rumah.  Kehilangan tanah tetap bisa memiliki tanah. 

Direktur PT Winha Cipta karya Hardi  mengatakan ada  4 Development di antaranya PT Winha Cipta karya, PT Karya Taka Indonesia dan Bale Lugur menyiapakan sekitar 200 rumah di Desa Joho Prambanan klaten untuk warga yang terdampak Proyek jalan Tol Jogja –Solo , Dari 200 rumah tersebut  yang sudah terlanjur terjual ke umum ada sekitar 30 unit tetapi kami offkan   penjualannya,  karena kami khususkan untuk warga yang kena korban-korban jalan tol tersebut” tandasnya (15/10/2020).

Dikatakan  kami ada banyak lokasi misalnya  nanti satu Desa sudah selesai sosialisasinya kedua berapa nominal yang mereka dapatkan  kami sudah siapkan tim untuk menjemput mereka untuk melakukan survey yang sesuai dengan dana mereka. Misalnya ke lokasi Desa Joho , Nangsri ,Taskombang, Kotesan,  Kokosan,  Prambanan dan banyak lokasi lainnya sehingga banyak opsi yang bisa dipilih oleh korban-korban yang terkena dampak tol tersebut

Dengan Harapan untuk para korban jalan tol, dimana mareka  setelah mendapat ganti untung dari pemerintah tidak ada perubahan signifikan dalam kehidupan mereka dalam arti tidak terjadi penurunan kualitas kehidupan mencegah kemiskinan,

Jadi kami mengedukasi mereka  dari dapat ganti untung jangan sampai mereka beli yang bukan kebutuhan pokok. Misalnya rumah mereka hilang, maka pertama kali yang harus penuhi rumahnya, jangan terayu  atau ikut-ikutan yang lain yang dapat dana  lebih besar dari mereka untuk memberi kendaraan atau apa . maka pesan kami untuk  penuhi kebutuhan pokok rumah terlebih dahulu”ungkapnya

Lebih Lanjut Hardi mengatakan terkait harga mulai  dari RP 140 juta ,RP 300 Juta hingga milyaran  sudah kami siapkan  Tetapi khusus yang harganya RP  140 juta tentu saja untuk warga yang memang anggarannya hanya segitu.  Jadi, mereka kehilangan rumah hanya dapat ganti untung segitu ya kami siapkan   sedangkan untuk  tipe rumah paling kecil  tipe 24 dengan  luas tanah 60 meter persegi. 

Ia menambahkan  bahwa warga yang kehilangan rumahnya akibat proyek tol nanti/ sudah disiapkan rumah harga sesuai dengan anggaran yang dimiliki pihaknya menjamin konsep untuk mendapatkan rumah bagi warga terdampak proyek tol dan  berjanji tidak akan menaikan harga perumahan ketika sudah ada pembayaran ganti rugi dari pemerintah terhadap warga terdampak preoyek tol,Sedangkan konsep yang ditawarkan oleh pengembang perumahan tersebut warga kehilangan rumah namun tetap memiliki rumah penganti” katanya.

Sementara itu Pimpinan Bank BTN Syariah Kantor Cabang Yogyakarta Slamet Wajyudi mengatakan   terkait pembangunan dampak dari jalan tol  program yang kami luncurkan Yakni  semacam program tabungan, tetapi progrm tabungan ini bisa dimanfaatkan  hasilnya di depan. Yang Artinya kalau ada nasabah atau masyarakat  yang terdampak menyimpan dana di tempat kita maka akan kita berikan manfaat di depan.

Manfaat itu  sudah kita hitung dari awal dan sesuai dengan kesepakatan dengan nasabah. Kalau nilainya cukup besar,  saya kira manfaatnya  pun akan cukup besar.  Dan manfaat itu tidak mengurangi pokok dari pada saldo tabungannya. Jadi nasabah dari  masyarakat yang terdampak itu dananya disimpan di tempat kami sekian jangka waktu tertentu.

Dalam kurun waktu tertentu kita bisa hitung manfaatnya dapat berapa,  nah manfaat itu yang akan dimanfaatkan oleh nasabah atau masyarakat yang terkena dampak tol misal untuk membeli rumah baru,  untuk bisa hal lain yang terkait dengan kebutuhan dia kaitannya dengan perpindahan dari lokasi lama ke lokasi baru. 

Jadi kami punya prodak seperti itu,  sehingga  bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak dia dapatkan ganti untungnya kemudian disimpan di tempat kami, dan mendapatkan manfaat dari pengelolaan dana itu dan tidak mengurangi saldo pokoknya. Jadi uang yang diterima dari penggantian itu tetap utuh,  istilahnya tidak berkurang. 

Jadi yang ditawarkan yaitu sejenis tabungan. Tentunya ini ada jangka waktu yang harus dipatuhi yang bersangkutan, bisa mulai dari 2 tahun 3 tahun dan maksimal 5 tahun produknya” pungkasnya. (YN).

Peristiwa

Hukum & Kriminal

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading

Tulis Komentar Anda

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini Lainnya

SMP N 2 Karangnongko di Lereng Merapi Gelar MPLS Secara Online Berjalan Lancar

SMP N 2 Karangnongko di Lereng Merapi Gelar MPLS Secara Online Berjalan Lancar Kepala Sekolah…

SMP N 2 Manisrenggo Klaten Gelar MPLS Secara Online

SMP Negeri 2 Manisrenggo Klaten Gelar MPLS Secara Online SMP N 2 Manisrenggo Klaten Jawa…

Kabar Gembira,Pemkab Klaten Membuka 154 Lowongan CPNS

Kabar Gembira, Pemkab Klaten Membuka 154 Lowongan CPNS. Ada kabar gembira bagi masyarakat Klaten, khususnya…

Tekan Covid 19,Polres Klaten Gelar Operasi Yustisi Prokes dan Patroli Penertiban Warung

Tekan Covid 19,Polres Klaten Gelar Operasi Yustisi Prokes dan Patroli Penertiban Warung Saat ini PPKM…

Pemcam Manisrenggo Klaten Lengkapi Sarana dan Prasarana Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid 19

Pemcam Manisrenggo Klaten Lengkapi Sarana dan Prasarana tempat Isolasi Terpusat pasien Covid 19   KBRN;Klaten…

Cegah Kasus Covid 19,Candi Borobudur Ditutup Sementara

Cegah Kasus Covid 19, Candi Borobudur Ditutup Sementara PT  Taman  Wisata  Candi  Borobudur,  Prambanan  & …

Aparat Gabungan di Klaten Tutup Warung dan Tempat Usaha Yang Buka di Atas Pukul 21.00 Wib

Aparat Gabungan di Klaten Tutup Warung dan Tempat Usaha yang Buka di Atas pukul 21.00…

Kasus Covid 19 di Klaten Menggila Musda KAHMI Dipersingkat

Kasus Covid 19 di Klaten Menggila, Musda KAHMI Dipersingkat Karena Kabupaten Klaten kini sedang zona…

TNI dan Rakyat Gotong Royong Pengecoran Jalan Desa

TNI dan Rakyat Gotong Royong  Pengecoran Jalan Desa TNI dan rakyat yang tergabung dalam TMMD…

Ribuan Warga Jadi Sasaran ,Serbuan Vaksinasi di Klaten

Ribuan Warga Jadi Sasaran ‘Serbuan Vaksinasi’ di Klaten Polres Klaten bersama Kodim dan Pemkab Klaten…