Jumat, 18 Juni 2021

Revitalisasi Rowo Jombor,Bupati Dengan Sikap Pendekatan Humanis Tetapi Tegas

Angkasanews.id-
Rabu, 19 Mei 2021 | 13:27WIB
2 menit baca
jombor
16859678893602362891

Revitalisasi Rowo Jombor ,Bupati Dengan Sikap Pendekatan Humanis  Tetapi Tegas.

Pendekatan humanis dan tegas dalam revitalisasi lanjutan Rowo Jombor menjadi komitmen Bupati untuk memindahkan sementara para pedagang warung apung dan PKL ketika proyek akan berlangsung. Hal ini terungkap dalam acara Sosialisai Revitalisasi Rowo Jombor oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, bertempat di Ruang Rapat Utama Gedung B2 Setda Kabupaten Klaten Rabu (19/05/2021).

Hadir dalam sosialisasi yakni  Bupati dan Wakil Bupati, Sekda, para Asisten, Dandim 0723, perwakilan Polres, Kepala BBWS Bengawan Solo, Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Kepala OPD dan Camat terkait.

Kepada PKL dan warung apung diseputaran Rowo Jombor pada saat pemerintah akan melakukan perbaikan atau dibangun, (saya minta) dengan suka rela dan (untuk) menghindari kekerasan, masyarakat harus minggir. bila tidak kita akan minta bantuan Polres dan Kodim untuk mengawalnya. Kita tetap pendekatan humanis tapi ada sisi ketegasannya, karena (bila tidak) nanti masyarakat akan sulit untuk kita kondisikan,” tandas Bupati.

Bupati juga meminta kejelasan bagaimana nantinya proyek revitalisasi ini akan dilaksanakan, sehingga dalam sosialisasi lanjutan bagi para pelaku usaha di Rowo Jombor bisa memperoleh kejelasan.

Kami  menghadirkan OPD lengkap, agar bisa mengambil langkah-langkah untuk mensosialisasikan ke pedagang Rowo Jombor serta kepastian bagaian mana saja yang akan dibangun, sehingga dalam melakukan pendekatan kepada para pelaku usaha bisa disampaikan secara detail,” ungkapnya

Terkait revitalisasi Rowo Jombor, Kepala BBWS Bengawan Solo, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech.mengungkapkan permasalahan yang terjadi di Rowo Jombor, diantaranya adalah adanya warung apung, keramba ikan, perahu wisata, pendangkalan waduk, enceng gondok, dan sampah, menjadikan fungsi waduk sebagai tempat penampungan air menjadi berkurang. Sehingga  revitalisasi ini bertujuan untuk menata dan mengembalikan waduk sesuai dengan fungsinya”katanya

Sementara itu, Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, MM  menanggapi tentang bagaiman detail revitalisasi Rowo Jombor menjelaskan  perlunya identifikasi kepemilikan warung apung secara jelas sehingga proyek penataan ini bisa ditindaklanjuti.

Dari 43 warung apung atau pemancingan terhadap peta pembangunan plaza atau taman yang ada di Rowo Jombor kami menyediakan 28 kios, sehingga dalam langkah identifikasi kepemilikan perlu diyakinkan betul,

Sehingga proyek ini nanti bisa ditindaklanjuti. Kemudian dari 28 kios pemindahan warung apung ini akan ditambah 4 kios cinderamata sesuai dengan gambar rencana, dan akan dieksekusi ditahun 2021 ini,” terangnya .

Ia menambahkan sesuai rencana akan dibangun gedung serbaguna, mushola, dan sebagian jalan pedestrian, namun tidak terlaksana karena adanya refocusing anggaran APBD dan APBN.

Pihaknya juga menyatakan siap bekerjasama dengan BBWS Bengawan Solo sesuai perintah Gubernur untuk melaksanakan proyek tersebut secara maksimal sesuai dengan anggaran yang ada.

Selanjutnya hal-hal yang sekiranya tahun ini secara maksimal belum mampu memberikan langkah solutif, akan terus kami kawal berkelanjutannya pada tahun berikutnya kemudian poin penting yang di sampaikan gubernur yakni mengedepankan keberpihakan kepada masyarakat melalui di alog”pungkasnya (Rilis .YM )

 

Peristiwa

Hukum & Kriminal

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading

Tulis Komentar Anda

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini Lainnya

Petani Desa Kokosan Klaten Panen Demfram Bawang Merah ,Hasilnya Bagus

Petani Desa Kokosan Klaten Panen Demfram Bawang Merah ,Hasilnya Bagus. PLT Kepala Dinas Pertanian dan…

Gubernur Jateng Kunjungi Lokasi Isolasi Mandiri di Desa Tijayan Klaten

Gubernur Jateng Kunjungi Lokasi Isolasi Mandiri di Desa Tijayan Klaten. Gubernur Jawa tengah ganjar pranowo…

Harga Sapi di Pasar Hewan Prambanan Klaten Naik Rp 2 Juta Per ekor

Harga Sapi di Pasar Hewan Prambanan Klaten Naik Rp 2 Juta Per ekor.   Meskipun…

Pemcam Manisrenggo Klaten Siapkan Isolasi Terpusat Pasien Covid 19

Pemcam Manisrenggo Klaten Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid 19. Karena Kecamatan Manisrenggo Klaten masuk…

TMMD Dan KBMKB Manfaat Bagi Masyarakat Untuk Percepatan Pembangunan

TMMD dan KBMKB Manfaat Bagi Masyarakat Untuk Percepatan Pembangunan. Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)…

Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga Dan PAD ,Pemdes Pereng Klaten Kembangkan Wisata Galpentjil Heritage

Untuk Meningkatkan  Perekonian Warga dan PAD ,Pemdes Pereng Klaten Kembangkan Wisata Galpentjil Heritage Kepala Desa…

Delapan Desa di Kecamatan Prambanan Klaten Salurkan BLT DD Tahap 4

8 Desa di Kecamatan Prambanan Klaten Salurkan BLT Dana Desa DD Tahap 4 Delapan Desa…

Camping Ground Taman Wisata Candi Sojiwan di Desa Kebondalem Kidul Klaten,Bisa menikmati Keindahan Candi Sojiwan di Malam Hari

Camping Ground Taman Wisata Candi Sojiwan di Desa Kebondalem Kidul Klaten ,Wisata Bisa Menikmati Keindahan…

Motor Dinas Polisi Polres Klaten di sulap Menjadi Perpustaan Keliling

  Motor Dinas Anggota Polisi Polres Klaten di Sulap Menjadi Perpustakaan Keliling Seorang polisi yang…

Polres Klaten Berikan Penghargaan Kepada Enam Anggotanya

Polres Klaten Berikan Penghargaan Kepada Enam Anggotanya Polres Klaten menggelar upacara pemberian penghargaan kepada anggotanya…