Minggu, 9 Mei 2021

Kapolda Jateng Mengapresiasi Gedung Layanan Terpadu Berbasis IT Polres Klaten

Angkasanews.id-
Selasa, 20 April 2021 | 14:51WIB
3 menit baca
resmikann
16859678893602362891

Kapolda Jateng Mengapresiasi  Gedung Layanan Terpadu Berbasis IT Polres Klaten

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi, SH., SSt., MK, meresmikan gedung pelayanan terpadu Polres Klaten serta sejumlah aplikasi layanan masyarakat berbasis IT, Selasa (20/4/21) sore.

Kapolda Jateng memberikan apresiasi atas dibangunnya gedung layanan terpadu Polres Klaten dan peluncuran sejumlah aplikasi ini.

Menurutnya, terobosan kreatif ini sejalan dengan program Kapolri khususnya point 4 dan 11 yaitu Perubahan Teknologi Kepolisian Modern di Era Police 4.0 dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polri.

“Apa yang kita resmikan ini sebagaimana program bapak Kapolri untuk memberikan suatu keadilan masyarakat dan jaminan kepastian hukum dan pelayanan prima kepada masyarakat dengan tidak melanggar hukum. Salah satu ide kreatif Polres Klaten yang sudah diikuti oleh polres-polres lainnya adalah memberikan layanan terintegrasi dalam rangka menyambut 4.0 masyarakat kita,” tandasnya

Kapolda Jateng menambahkan, selain untuk meresmikan terobosan kreatif Polres Klaten kedatangannya dan para pejabat utama Polda Jateng adalah untuk melakukan pengecekan pospam dan posyan himbauan tidak  boleh mudik yang akan diberlakukan H-7.

Kapolda Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi mengatakan, dalam kegiatan larangan mudik tahun 2021 ini pihaknya telah menyiapkan protap di perbatasan suatu bentuk pencegahan bergeraknya orang dan barang yang masuk di wilayah Jateng.

“Hal ini tidak hanya untuk mencegah mudik, namun juga sebagai upaya preemtif dan preventif Polri terkait dengan pencegahan covid-19,” tandasnyha.

Sementara itu Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu SIK MH menjelaskan bahwa beberapa aplikasi yang diluncurkan Polres Klaten antara lain “Si Tanggap”, Simas Coklat, Pelayanan Polri Masuk Desa (PPMD), Chatbot Polres Klaten, Si Juminten, Samsat Malam/Salam Polres Klaten, Balasara Polres Klaten, Mobio pelayanan keliling Polres Klaten, SP2HP online, kawal gratis, SKCK Mami (SKCK malam minggu), SKCK jebol (SKCK jemput bola), SKCK Nos (SKCK non stop).

Aplikasi Si Tanggap merupakan aplikasi gabungan yang mengakomodir apa yang ada di gedung Grhayandu. Kemudian Simas Coklat adalah sistem informasi covid-19 Klaten.

“Kami menerjunkan 401 anggota yang bekerja sama dengan babinsa  dan seluruh kepala desa untuk mendatakan perkembangan covid-19 di Kab. Klaten sehingga kita mendapatkan data yang akurat baik itu yang terkonfirmasi, kontak erat dan yang perlu pengawasan. Data ini kita input setiap hari di aplikasi simas coklat sehingga bisa kita evaluasi mana yang perlu mendapatkan perhatian khusus mana yang tidak,” ujarnya

Untuk PPMD (Pelayanan Polri Masuk Desa) adalah pelayanan keliling Polres Klaten di desa-desa. Dengan layanan ini masyarakat tidak perlu datang ke Polsek untuk mendapatkan SKCK, surat kehilangan, laporan pidana hingga konsultasi hukum. Masyarakat bisa mendapat layanan kepolisian di desa-desa sesuai jadwal yang telah dibuat oleh masing-masing polsek.

Menurut Kapolres layanan ini disambut antusias masyarakat, terbukti hanya dalam waktu 3 minggu sejak diluncurkan sudah ada 1680 produk yang dibuat dalam program ini.

Kemudian salah satu layanan yang cukup menjadi unggulan adalah SKCK Nos (SKCK Nonstop) di mana sekarang layanan SKCK di Polres Klaten dibuka 24 jam.

“Kapanpun masyarakat membutuhkan membuat SKCK, kapan saja, jam berapa saja kami siap memberikan pelayanan,” jelas Kapolres AKBP Edy Suranta Sitepu.

Di sisi lain, Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani juga mengapresiasi terobosan kreatif Polres Klaten yang telah berinovasi melalui IT guna memberikan l;ayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami sangat mendukung apa yang dibangun Polres Klaten dan berharap layanan ini terus dikembangkan dan bisa terintegrasi dengan pelayanan di pemerintahan Kab. Klaten. Hal itu menurutnya, tak hanya untuk kemudahan layanan masyarakat namun juga untuk meningkatkan kemitraan antara Polres dengan Pemkab Klaten.

“Saya benar-benar memberikan apresiasi dan penghargaan atas capaian ini, karena pembangunan gedung pelayanan terpadu ini bukan semata tentang infrastruktur gedung dan sarana prasarana penunjang. Akan tetapi dibalik peresmian ini ada transparansi, akuntabilitas, ada adukasi dan ada keterbukaan informasi publik serta peningkatan kompetensi SDM maupun spririt untuk lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat,” kate Sri Mulyani.

Peresmian gedung yang diberi nama ‘Grha Pelayanan Terpadu Presisi Polres Klaten’ dan sejumlah aplikasi ini dihadiri oleh Forkompinda Kab Klaten, para pejabat utama Polda Jateng, Kapolres jajaran Soloraya dan tokoh agama tokoh masyarakat Kababupaten  Klaten.(Rilis YM)
Editor  ;Yon Mujiyono  

 

Peristiwa

Hukum & Kriminal

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading

Tulis Komentar Anda

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini Lainnya

Harga Sapi di Pasar Hewan Prambanan Klaten Naik Rp 1 Juta Per Ekor

Harga sapi di Pasar Hewan Prambanan Klaten Naik Rp 1 Juta Per Ekor. KBRN ;Klaten…

74 PKM di Desa Nangsri Klaten Terima BLT Dana Desa

74 KPM di Desa Nangsri Klaten Terima  BLT Dana Desa . Sebanyak 74 KK Warga…

Polsek Jogonalan Klaten Tangkap Pria Bawa Pistol Rakitan

Polsek Jogonalan Klaten Tangkap Pria Bawa Pistol Rakitan ajaran Polsek Jogonalan, Polres Klaten berhasil membekuk…

Penilaian Indek Tata Kelola Kepolosian Berbasis IT

Penilaian Indek Tata Kelola Kepolisian Berbasis IT Polres Klaten melaksanakan kegiatan penilaian Indeks Tata Kelola…

Ayah Bermoral Bejat Perkosa Anak Tirinya Bersama 2 Temannya

Ayah Bermoral Bejat Perkosa Anak Tirinya Bersama 2 Temanya. Polres Klaten menangkap 3 pria bejat…

Sebanyak 20 Makanan dan Minuman Produk UMKM Klaten Yang Tembus di Toko Modern Segera di Lounching

Sebanyak  20 makanan dan minuman  Produksi UMKM Klaten yang tembus di toko modern Segera di…

ASN Klaten Nekat Mudik Kena Sanksi Tegas,Karena di Larang

ASN Klaten Nekat Mudik Kena Sanksi Tegas,Karena di Larang Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya mengatakan…

Personil Gabungan Klaten Terus Perketat Pengendara Dari Luar di Perbatasan Jateng-DIY

Top of FormBottom of FormPersonil Gabungan Klaten Terus Perketat  Pengendara Dari Luar di Perbatasan Jateng-DIY….

Desa Kemudo Klaten Miliki Toko Desa Kamajaya Mart,Untuk Tampung Produk UMKM

Desa Kemudo Klaten Miliki  Toko Desa ‘Kamajaya Mart’Untuk Tampung Produk UMKM. Guna menampung hasil-hasil produk…

Pemkab Klaten Memperketat Mudik Lebaran 2021 dan Tempat Wisata

Pemkab Klaten Memperketat Mudik Lebaran 2021 Dan Tempat Wisata . Pemkab Klaten menyikapi kegiatan mudik…