Sabtu, 19 Juni 2021

Pemkab Klaten MOU Dengan Kejaksaan ,OPD Tenang Dalam Jalankan Tupoksi

Angkasanews.id-
Sabtu, 29 Mei 2021 | 12:55WIB
2 menit baca
mou kejaksaan
16859678893602362891

Pemkab Klaten MOU dengan Kejaksaan, OPD Tenang dalam Jalankan Tupoksi .

Bidang perdata dan tata usaha yang ada di Kejaksaan Negeri Klaten memiliki kewenangan berinteraksi dengan tugas dan fungsi pemerintahan di Kabupaten Klaten. Kewenangan tersebut meliputi pendapat hukum, bantuan hukum, dan pendampingan hukum.

Demikian disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Ari Bintang Prakosa Sejati. SH., MH.Li, pada acara ‘Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Klaten dengan Kejaksaan Negeri Klaten tentang Kerjasama Penanganan Permasalahan Hukum Bidang Perdata dan tata Usaha Negera’, bertempat di Ruang Rapat Utama Gedung B Setda Kabupaten Klaten, Jumat (28/05/2021).

Lebih lanjut Ari Bintang Prakosa Sejati dalam kesempatan tersebut mempersilahkan kepada OPD dalam memberikan pelayan kepada masyarakat untuk berkomunikasi dengan Kejaksaan Negeri kaitannya dengan masalah hukum untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tiga kewenangan tersebut sangat berinteraksi dengan tugas dan fungsi pemerintahan di Klaten khususnya bagi OPD terhadap proses pelayanan kepada masyarakat (maupun) proses pembangunan yang sedang dikerjakan. Untuk mengantisipasi hal yang perlu diantisipasi, tidak usah segan melakukan komunikasi, kami akan memberikan bantuan dan analisa hukum, mengawal proses tersebut sejak awal hingga selesai, untuk menghindari hal-hal yang mungkin menimbulkan keraguan, sehingga dengan adanya peran serta kami proses tersebut menjadi pasti dan membuat terang terhadap proses yang sedang dijalankan,” tandas  Kajari.

Sementara itu Bupati Hj Sri Mulyani mengatakan, Pemkab Klaten mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kejaksaan Negeri atas kerjasama dalam penanganan permasalahan hukum bidang perdata dan tata usaha negara yang mungkin akan dialami oleh Pemkab baik di dalam maupun di luar pengadilan.

Dijelaskan Bupati, penandatanganan kerjasama ini didasari atas situasi dan kondisi saat ini yang mengarah kepada perbedaan pandangan dan kepentingan yang rawan dengan pergesekan sosial serta mengarah kepada pelanggaran hukum.    

Ia berharap  kegiatan ini bisa mempercepat kerjasama Pemkab Klaten dengan kejaksaan negeri tidak didasari intervensi, namun dalam rangka mengoptimalkan fungsi sesuai dengan tupoksi sehingga tercapai pemerintahan yang bersih dan masyarakat sejahtera.

“Dengan Kerjasama ini setiap OPD bisa melaksanakan konsultasi sebelum dan pada saat kegiatan, sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dan sejalan dengan peraturan perundang-undangan, sehingga tidak ada lagi keraguan OPD dalam merencanakan dan melaksanakan setiap program dan kegiatan di masing-masing OPD,” ungkap Bupati.

Bupati diakhir sambutannya berharap, kegiatan ini tidak hanya seremonial saja namun ada tindak lanjut yang bermanfaat dengan terus melakukan komunikasi, sehingga terdapat langkah riil sehingga dapat terwujud pemerintahan yang bersih, taat hukum dan berwibawa, yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat Klaten.

“Saya berharap jalinan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Klaten ini dapat meningkatkan kinerja kami dengan jajaran OPD dalam melaksanakan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di segala bidang guna tercapainya taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Klaten dalam bingkai Kabupaten Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera,” pungkasnya (Rilis MY )

 

Peristiwa

Hukum & Kriminal

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading

Tulis Komentar Anda

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini Lainnya

Petani Desa Kokosan Klaten Panen Demfram Bawang Merah ,Hasilnya Bagus

Petani Desa Kokosan Klaten Panen Demfram Bawang Merah ,Hasilnya Bagus. PLT Kepala Dinas Pertanian dan…

Gubernur Jateng Kunjungi Lokasi Isolasi Mandiri di Desa Tijayan Klaten

Gubernur Jateng Kunjungi Lokasi Isolasi Mandiri di Desa Tijayan Klaten. Gubernur Jawa tengah ganjar pranowo…

Harga Sapi di Pasar Hewan Prambanan Klaten Naik Rp 2 Juta Per ekor

Harga Sapi di Pasar Hewan Prambanan Klaten Naik Rp 2 Juta Per ekor.   Meskipun…

Pemcam Manisrenggo Klaten Siapkan Isolasi Terpusat Pasien Covid 19

Pemcam Manisrenggo Klaten Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid 19. Karena Kecamatan Manisrenggo Klaten masuk…

TMMD Dan KBMKB Manfaat Bagi Masyarakat Untuk Percepatan Pembangunan

TMMD dan KBMKB Manfaat Bagi Masyarakat Untuk Percepatan Pembangunan. Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)…

Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga Dan PAD ,Pemdes Pereng Klaten Kembangkan Wisata Galpentjil Heritage

Untuk Meningkatkan  Perekonian Warga dan PAD ,Pemdes Pereng Klaten Kembangkan Wisata Galpentjil Heritage Kepala Desa…

Delapan Desa di Kecamatan Prambanan Klaten Salurkan BLT DD Tahap 4

8 Desa di Kecamatan Prambanan Klaten Salurkan BLT Dana Desa DD Tahap 4 Delapan Desa…

Camping Ground Taman Wisata Candi Sojiwan di Desa Kebondalem Kidul Klaten,Bisa menikmati Keindahan Candi Sojiwan di Malam Hari

Camping Ground Taman Wisata Candi Sojiwan di Desa Kebondalem Kidul Klaten ,Wisata Bisa Menikmati Keindahan…

Motor Dinas Polisi Polres Klaten di sulap Menjadi Perpustaan Keliling

  Motor Dinas Anggota Polisi Polres Klaten di Sulap Menjadi Perpustakaan Keliling Seorang polisi yang…

Polres Klaten Berikan Penghargaan Kepada Enam Anggotanya

Polres Klaten Berikan Penghargaan Kepada Enam Anggotanya Polres Klaten menggelar upacara pemberian penghargaan kepada anggotanya…