Selasa, 27 Oktober 2020

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 31 Desember 1799, VOC Bubar

Angkasanews.id-
Senin, 27 Juli 2020 | 04:01WIB
3 menit baca
Gambaran galangan kapal milik VOC di Amsterdam, Belanda, sekitar tahun 1750. (Wikimedia.org)
Gambaran galangan kapal milik VOC di Amsterdam, Belanda, sekitar tahun 1750. (Wikimedia.org)
16859678893602362891

Solopos.com, SOLO — Sejumlah peristiwa penting yang layak dikenang terjadi pada 31 Desember setiap tahunnya. Salah satunya adalah dibubarkannya Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda karena bangkrut.

Selain itu, masih banyak peristiwa penting lain yang terjadi pada 31 Desember. Berikut sejumlah peristiwa yang dirangkum Solopos.com dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

406
Pasukan Bangsa Vandal yang berasal dari wilayah Jerman bagian timur mulai melintasi Sungai Rhine untuk menyerbu wilayah Gaul di Prancis yang kala itu merupakan wilayah kekuasaan Kekaisaran Romawi. Pasukan Vandal kemudian mengalahkan Suku Franka yang tinggal di Gaul berkat bantuan Suku Alani. Atas kemenangan itu pula Bangsa Vandal berhasil menguasai wilayah Gaul.

870
Pasukan Viking menyerbu wilayah yang kini dikenal sebagai Englefield, Berkshire, Inggris demi merebutnya dari Kerajaan Saxon Barat. Namun, upaya itu digagalkan pasukan Kerajaan Saxon Barat yang berhasil memukul mundur pasukan Viking. Banyak prajurit Viking yang tewas dalam pertempuran tersebut.

1600
East India Company atau Perusahaan Hindia Timur milik Kerjaan Inggris secara resmi didirikan melalui perintah Ratu Elizabeth I. East India Company merupakan sebuah perusahaan saham-gabungan dari para investor yang bertujuan melakukan monopoli perdagangan di wilayah Hindia Timur. Perusahaan ini kemudian berubah menjadi pihak yang memerintah di wilayah India setelah mengambil fungsi dalam pemerintahan dan militer. East India Company lantas dibubarkan pada 1858.

1799
Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda secara resmi dibubarkan karena bangkrut. VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memonopoli aktivitas perdagangan di Asia, termasuk Indonesia. VOC secara resmi didirkan pada 20 Maret 1602.

Alexander Chapman Ferguson. (Premierleague.com)


1941
Alexander Chapman Ferguson lahir di Glasgow, Skotlandia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai manajer salah satu klub besar di Inggris, Manchester United (MU). Bersama MU dari 1986 sampai 2013, Ferguson telah merengkuh 13 gelar juara Liga Inggris, lima juara Piala FA, empat Piala Liga, dua gelar juara Liha Champions UEFA, 10 kali juara FA Charity/Community Shield, sekali Piala Winners UEFA, sekali Piala Super UEFA, satu Piala Intercontinental, serta satu gelar juara Piala Dunia Antar-Klub. Raihan itu menjadikan Ferguson sebagai salah satu manajer tersukses sepanjang sejarah persepakbolaan Inggris.

1944
Pasukan Jerman mulai melaksanakan Operasi Nordwind demi menembus pertahanan pasukan Sekutu di Alsace dan Lorraine, Prancis. Operasi yang berlangsung hingga 25 Januari 1944 itu merupakan serangan besar-besaran terakhir yang dilancarkan Jerman di masa Perang Dunia II. Operasi tersebut dianggap gagal karena tujuannya tak tercapai dan pasukan Jerman kehilangan banyak tentaranya. Sekitar 23.000 prajurit Jerman tewas dalam operasi tersebut, sedangkan Sekutu hanya kehilangan sekitar 9.000 tentaranya.

1944
Hungaria mendeklarasikan perang terhadap Jerman dalam Perang Dunia II setelah negara tersebut dikuasai Uni Soviet. Padahal sejak 1940, Hungaria merupakan anggota Blok Poros bersama Jerman. Deklarasi perang itu sekaligus mengakhiri keanggotaan Hungaria di Blok Poros.

1970
Basis sekaligus vokalis The Beatles Paul Mc Cartney mengajukan tuntutan agar perjanjian kontrak kerja sama antar-personel The Beatles diputus dan band tersebut dibubarkan. Paul mengajukan tuntutan tersebut dengan alasan ada masalah internal yang tak kunjung selesai. The Beatles akhirnya secara hukum dibabarkan pada 29 Desember 1974.

Park Jae-sang alias Psy. (Billboard.com)


1977
Park Jae-sang lahir di Gangnam District, Seoul, Korea Selatan. Ia kemudian dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, penari, koreografer, dan produser rekaman dengan nama beken Psy. Nama Psy semakin melambung setelah video musik miliknya yang berjudul Gangnam Style viral pada 2012 silam.

1991
Seluruh operasional di lembaga resmi Uni Soviet secara serentak diberhentikan. Hal itu menyusul dibubarkannya Uni Soviet lima hari sebelumnya.

 

Sumber : https://www.solopos.com

Peristiwa

Hukum & Kriminal

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading

Tulis Komentar Anda

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini Lainnya

SMP N 2 Manisrenggo Klaten Siap Uji Coba PTM,Jika Ditunjuk Disdik

SMP N 2 Manisrenggo Klaten Siap Uji Coba PTM,Jika Di tunjuk Disdik. SMP Negeri 2…

Humas Polres Klaten Bagikan Nasi Kotak Peringati Hari Jadi Ke 69

Humas Polres Klaten Bagikan Nasi Kotak Peringati Hari Jadi Ke 69 Jajaran Subbag Humas Polres…

Bawaslu Klaten Menilai Pengawasan Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada Masih Rendah

Bawaslu Klaten menilai Pengawasan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada masih Rendah.. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten…

Puluhan Pemuda Gotong Royong buat Akses Jalan Di Tengah Perkampungan

Puluhan Pemuda gotong Royong  buat Akses jalan di Tengah perkampungan, Puluhan Pemuda warga  Dusun Pucung…

PLN Peduli, YBM PT PLN Klaten Salurkan 250 Paket berupa Uang senilai RP 50 juta di Lima Panti Asuhan Yatim di Klaten

PLN Peduli,YBM PT PLN Klaten salurkan 250 paket senilai Rp 50 juta di lima Panti…

Makam Seluas 657 Meter Persegi di Kas Desa Taskombang Manisrenggo Klaten Bakal Di Terjang Jalan Tol Jogja-Solo

Makam Seluas 657 Meter Persegi  di Kas  Desa Taskombang Manisrenggo Klaten Bakal Di Terjang Jalan…

Ratusan KPM PKH di Desa Taskombang Kecamatan Manisrenggo Klaten Terima Bantuan Beras.

Ratusan KPM PKH di Desa Taskombang Kecamatan Manisrenggo Klaten Terima  Bantuan Beras.  Bantuan Sosial Beras…

12 Kaum Difabel Intlektual Desa Kemudo Prambanan Klaten Mendapat Bantuan 24 Ekor Kambing

Sebanyak 12 Kaum Difabel Intlektual Desa Kemudo Prambanan Klaten mendapat bantuan  24 ekor Kambing. Camat…

Bumdes Kemudo Makmur Prambanan Klaten Tetap Berjalan Lancar di tengah Pandemi Covid 19

Bumdes Kemudo Makmur Prambanan Klaten tetap berjalan lancar di tengah Pandemi Covid 19. Pengelolaan Badan…

Deklarasi Bersama,Komitmen Tolak Unjuk Rasa Anarkis Masyarakat Klaten

Deklarasi Bersama,Komitmen Tolak Unjuk Rasa Anarkis Masyarakat Klaten.. Polres Klaten dan berbagai elemen masyarakat Klaten…