Sabtu, 19 Juni 2021

Partisipasi Aktif Kabupaten/Kota Penting Penurunan Angka Stunting Nasional

Angkasanews.id-
Sabtu, 29 Mei 2021 | 16:46WIB
2 menit baca
santing
16859678893602362891

Partisipasi Aktif Kabupaten/Kota, Penting Penurunan Angka Stunting Nasional.

Peran serta Pemerintah Provinsi serta partisipasi aktif kabupaten/kota, menjadi sangat penting untuk menurunkan angka prevalensi stunting sesuai harapan presiden dalam RPJMN, yakni di tahun 2024 stunting bisa turun hingga 14 persen.

Demikian disampaikan R. Budiono Subambang, ST., MPM, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemeritahan Daerah III Ditjen Bina Bangda Kemendagri, pada acara ‘Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting Di Jawa Tengah Tahun 2021’, Jumat (28/5/2021).

Acara tersebut digelar secara virtual melalui vidcon, berlangsung di Pendopo Pemkab Klaten, dihadiri Wakil Bupati, Kepala Bappeda, Kepala Diskominfo, Kepala Dinas Kesehatan, serta diikuti tamu undangan lainnya.

“Penilaian kinerja ini merupakan wujud dari wewenang dan tanggung jawab Pemerintah Provinsi, dalam memfasilitasi pembinaan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut provinsi atas kebijakan dan pelaksaaan program dan anggaran. Kemudian memberikan fasilitas dan dukungan teknis dalam meningkatkan kapasitas kabupaten/kota dalam penyelenggaraan aksi konvergensi, mengkoordinasikan pelibatan instisusi non pemerintah untuk mendukung aksi konvergensi, serta membantu tugas Kementerian Dalam Negeri untuk melaksanakan kinerja kabupaten/kota dalam peyelenggaraan pencegahan stunting, termasuk memberikan umpan balik dan penghargaan kepada kabupaten/kota sesuai dengan kapasitas provinsi yang bersangkutan,” tandas Budiono.

“Kami berharap dengan penilaian kinerja kabupaten/kota terhadap pelaksaan penurunan stunting oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan 8 aksi konvergensi penurunan stunting dan menjadi motivasi bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk bisa mencapai target penurunan prevalensi sebesar 14 persen sesuai target RPJMN,” ungkapnya

Selanjutnya dalam paparan Pelaksanaan Aksi Konvergensi 5 Sampai 8 Pencegahan Stunting terintegrasi di Kabupaten Klaten, Wakil Bupati H. Yoga Hardaya, SH., MH menyampaikan inovasi yang telah dilaksanakan oleh Pemkab dalam upaya menurunkan angka stunting.

Pertama, Baby Café, program kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang pemberian gizi optimal bagi balitanya, yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Sebagai penanggung jawab pemerintah desa atau PKK dengan sumber dana berasal dari APBDes.

Kedua, Aksi Bergizi Sarapan dan Minum Tablet Tambah Darah serta Literasi Kesehatan dan gizi remaja. Penanggung jawab Dinas Kesehatan, Pendidikan, serta Kemenag dengan sumber pendanaan berasal dari APBD, dan telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Program ini menjadi unggulan karena meningkatkan pengetahuan remaja tentang gizi dan Kesehatan.

Ketiga, Kursus Pengantin Bersertifikat, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Kemenag, bersumber dana dari APBD, dan telah dilaksanakan sejak tahun 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan calon orang tua terkait kesehatan.         

Keempat, Layanan Posyandu masa Pandemi, sebuah kegiatan untuk menjaga kontinuitas pemantauan pertumbuhan Balita dimasa pandemi. Dimulai tahun 2020 dengan penanggung jawab PKK melalui APBDes.

Kelima, Program Diskon Ojol (Distribusi Alat Kontrasepi Ojek Online), untuk menjaga ketersediaan alat kontrasepsi di masa pandemi, yang telah dimulai sejak tahun 2020, dengan penanggung jawab Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, melalui sumber pembiayaan DAK Non Fisik”pungkasnya (Rilis :MY )

 

Peristiwa

Hukum & Kriminal

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading

Tulis Komentar Anda

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini Lainnya

Petani Desa Kokosan Klaten Panen Demfram Bawang Merah ,Hasilnya Bagus

Petani Desa Kokosan Klaten Panen Demfram Bawang Merah ,Hasilnya Bagus. PLT Kepala Dinas Pertanian dan…

Gubernur Jateng Kunjungi Lokasi Isolasi Mandiri di Desa Tijayan Klaten

Gubernur Jateng Kunjungi Lokasi Isolasi Mandiri di Desa Tijayan Klaten. Gubernur Jawa tengah ganjar pranowo…

Harga Sapi di Pasar Hewan Prambanan Klaten Naik Rp 2 Juta Per ekor

Harga Sapi di Pasar Hewan Prambanan Klaten Naik Rp 2 Juta Per ekor.   Meskipun…

Pemcam Manisrenggo Klaten Siapkan Isolasi Terpusat Pasien Covid 19

Pemcam Manisrenggo Klaten Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid 19. Karena Kecamatan Manisrenggo Klaten masuk…

TMMD Dan KBMKB Manfaat Bagi Masyarakat Untuk Percepatan Pembangunan

TMMD dan KBMKB Manfaat Bagi Masyarakat Untuk Percepatan Pembangunan. Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)…

Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga Dan PAD ,Pemdes Pereng Klaten Kembangkan Wisata Galpentjil Heritage

Untuk Meningkatkan  Perekonian Warga dan PAD ,Pemdes Pereng Klaten Kembangkan Wisata Galpentjil Heritage Kepala Desa…

Delapan Desa di Kecamatan Prambanan Klaten Salurkan BLT DD Tahap 4

8 Desa di Kecamatan Prambanan Klaten Salurkan BLT Dana Desa DD Tahap 4 Delapan Desa…

Camping Ground Taman Wisata Candi Sojiwan di Desa Kebondalem Kidul Klaten,Bisa menikmati Keindahan Candi Sojiwan di Malam Hari

Camping Ground Taman Wisata Candi Sojiwan di Desa Kebondalem Kidul Klaten ,Wisata Bisa Menikmati Keindahan…

Motor Dinas Polisi Polres Klaten di sulap Menjadi Perpustaan Keliling

  Motor Dinas Anggota Polisi Polres Klaten di Sulap Menjadi Perpustakaan Keliling Seorang polisi yang…

Polres Klaten Berikan Penghargaan Kepada Enam Anggotanya

Polres Klaten Berikan Penghargaan Kepada Enam Anggotanya Polres Klaten menggelar upacara pemberian penghargaan kepada anggotanya…