Kamis, 4 Maret 2021

Polres Klaten mendapat Anggaran Rp 111,8 M Dari APBN

Angkasanews.id-
Selasa, 17 November 2020 | 13:38WIB
3 menit baca
SOSIALISASIII
16859678893602362891

 

Polres Klaten mendapat Anggaran Rp 111,8 M dari APBN.

Polres Klaten menggelar sosialisasi alokasi anggaran tahun anggaran 2021 di Aula Satya Haprabu Mapolres Klaten, Selasa (17/11/2020).

Sosialisasi dihadiri Kabag Renprogar Polda Jawa Tengah AKBP Yudy Priyono beserta tim, Kapolres Klaten yang diwakili Wakapolres Klaten Kompol Adi Nugroho, Bupati Klaten yang diwakili Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Klaten Muh Himawan Purnomo, perwakilan Dandim 0723/Klaten, DPRD Klaten, Kejari Klaten, Pejabat Utama (PJU) Polres Klaten, Kapolsek jajaran, tokoh masyarakat, LSM, media, dan undangan lainnya.

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dalam sambutan yang dibacakan Wakapolres Klaten Kompol Adi Nugroho mengatakan, pada tahun anggaran 2021 ini, Polres Klaten mendapat alokasi anggaran dari APBN sebesar Rp 111.820.740.000 yang terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp 82.846.813.000 dan  belanja barang sebesar Rp 29.073.927.000. Pada tahun anggaran 2021 ini, Polres Klaten tidak mendapatkan anggaran untuk belanja modal.

Ia berharap, anggaran itu dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dipergunakan untuk mendukung kegiatan operasional Polri dalam melaksanakan tupoksinya. Pencairan dan pertanggungjawaban keuangannyapun harus sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Gunakanlah anggaran dengan benar, patut dan tepat. Pastikan bahwa setiap uang rakyat dapat dipertanggungjawabkan. Jangan terjadi pemborosan, penyimpangan, dan penyalahgunaan,” tandas Kapolres.

Kapolres Klaten berpesan kepada jajarannya untuk mempelajari dan meneliti Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) atau kertas kerja masing-masing Bagian, Satuan, Seksi dan Polsek jajaran terkait besaran anggaran. Selain itu, juga memetakan anggaran DIPA sesuai kriterianya (kontraktual atau nonkontraktual), prioritas nasional (tagging), quick wins, dan prioritas lainnya.

Gunakan anggaran dengan benar, patut, tepat waktu, tepat sasaran, tepat manfaat, tepat jumlah, transparan, serta akuntabel demi suksesnya program reformasi birokrasi Polri. Mari kita wujudkan Pemerintah yang bersih dan bebas dari  korupsi serta meningkatkan kapabilitas dan akuntabilitas kinerja termasuk dalam penggunaan anggaran DIPA,” tandas Kapolres.

Sedang Bupati Klaten dalam sambutan yang dibacakan Kepala BPKD Klaten Muh Himawan Purnomo mengapresiasi dan menyambut baik sosialisasi alokasi anggaran Polres Klaten tahun anggaran 2021 ini.

“Semoga anggaran ini bisa digunakan sebaik-baiknya, dapat bermanfaat, dan memberi kesejahteraan bagi masyarakat. Ke depan, kita perlu selalu bersinergi agar kebutuhan Polri, utamanya Polres Klaten dapat terpihaki anggaran,”ungkapnya

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam sambutan yang dibacakan Kabag Renprogar Polda Jateng AKBP Yudy Priyono menjelaskan, sosialisasi anggaran ini tidak hanya sebatas acara seremonial saja. Namun lebih merupakan komitmen bersama dalam transparansi anggaran serta kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab serta wewenangnya dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi. Ini diharapkan agar program – program yang telah direncanakan dapat dilaksanakan dengan profesional, proporsional, transparan, dan akuntabel.

Sosialisasi alokasi anggaran juga merupakan tahap awal pembangunan zona integritas (ZI) bagi pimpinan yang berkomitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) atau wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas layanan publik serta merupakan salah satu unsur indikator utama dari indikator proses penilaian unit kerja WBK,”ujarnya

Kapolda Jateng menyatakan, anggaran Polri khususnya pada Polres Klaten sangatlah terbatas, terutama terkait alokasi anggaran belanja modal. Walaupun beberapa Polres ada yang mendapat alokasi belanja modal.

“Namun demikian, kami mohon dengan hormat kepada Bupati, DPRD, dan Forkompinda agar dapat membantu Polres Klaten untuk memenuhi kebutuhannya. Ini semua demi terciptanya harkamtibmas dan kelancaran pelayanan masyarakat di jajaran Polres Klaten,” pungkasnya (Ril YN)

 

Peristiwa

Hukum & Kriminal

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading

Tulis Komentar Anda

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini Lainnya

Jokowi Dan Ganjar Usai Coba Naik KRL,Menyampaikan Moda Transportasi Ramah Lingkungan

  Jokowi Dan  Ganjar Usai Coba Naik KRLMenyampaikan  Moda Transportasi  Ramah Lingkungan. Presiden Republik Indonesia,…

Bupati Dan Wakil Bupati Klaten Di Lantik Gubernur Jawa Tengah Secara Daring,Masih Pandemi Covid 19

Bupati Dan Wakil Bupati Klaten  Di Lantik  Gubernur Jawa Tengah Secara Daring , Masih Pandemi…

Polres Klaten Berhasil Menangkap Dua tersangka Penculik Anak Umur 9 Tahun Di Klaten

Polres Klaten Berhasil Menangkap  Dua Tersangka Penculik Anak Umur 9 tahun Di Klaten. Jajaran Polres…

Untuk Cegah Covid 19,Polres Klaten Resmikan Pondok Pesantren Siaga Candi

Untuk Cegah Covid 19,Polres Klaten Resmikan Pondok Pesantren Siaga Candi. Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta…

SMK Negeri 3 Klaten Siap Gelar Uji Kompetensi Keahlian Secara Tatap Muka ,

SMK Negeri 3 Klaten Siap gelar Uji Kompetensi  Keahlian Secara Tatap Muka. Kepala Sekolah SMK…

Anggota DPRRI Gus Nabil Programkan Milenial Pahami Karya Sastra Pujangga Ronggo Warsito

Anggota DPRRI Gus Nabil Programkan Milenial Pahami Karya Sastra Pujangga Ronggo Warsito. Anggota DPRRI dari…

Forkopinda Cek Posko PPKM Berbasis Mikro Di Desa Kemudo Prambanan Klaten,Desa Kemudo Layak Percontohan Posko PPKM Mikro

Forkopinda  Cek Posko PPKM Berbasis Mikro di Desa Kemudo Prambanan Klaten, Desa Kemudo layak Menjadi…

Liben Klaten Gelar Pameran Bahayanya Sampah Panjang 32,4 Meter Terbuat Sampah Dari Rumah

Liben Klaten Gelar Pameran Bahayanya Sampah Panjang 32,4 Meter Terbuat Sampah Dari Rumah. Sanggar Lima…

Ratusan Warga Desa Balerante Kecamatan Kemalang Yang Terdampak Erupsi Gunung Merapi Mendapat Pelayanan Kesehatan

Ratusan Warga Desa Balerante Kecamatan Kemalang Yang Terdampak Erupsi Gunung Merapi Mendapat Pelayanan Kesehatan. Ratusan…

TNI,POLRI Dan Pemkab,Kamtibmas Bersinergi Terjaga Dengan Baik

TNI,Polri Dan Pemkab ,Kamtibmas Klaten bersinergi Terjaga  Dengan Baik. Danrem 074 Warastratama Silahtuhrahmi Ke Bupati…